Perangkat keras untuk mengakses internet

A. Mengenal Internet
         
    Internet bukanlah sesuatu yang nyata,merupakan sistem  yang abstrak.Sebagai suatu sistem ,internet memiliki cara kerja yang mirip dengan sistem tubuh.Internet atau interconnected network berkembang seiring bertambahnya komputer dan jaringan yang terhubung ke internet.Dengan demikian ,internet berfungsdi sebagai penghubung antar jaringan kecil.Pelajari internet dangan teliti.Kalian dapat membayangkan internet  sebagai jaringan dari berbagai jaringan.

1.Jaringan komputer
    Secara sederhana,suatu jaringan dapat dibentuk oleh dua buah komputer yang saling berhubungan.selain sebagai sarana transfer data,jaringan memungkinkan pembagian sumber daya\resource  dari setiap komputer yang terhubung pada jaringan .sebagai  contoh, suatu komputer yang tida dilengkapi  printer dapat  mencetak dokumen menggunakan printer pada komputer lainnya melalui jaringan .
     Jaringan komputer dapat dibedakan  berdasarkan  jarak dan area kerjanya  kedalam LAN ,MAN,dan WAN .Transfer data antarkomputer apda tembagasarat optik,saluran telepon ,bahkan penggunaan sinar infra merah dan sinyal radio.

a.Lokal area network[LAN]
   Jaringan komunikasi yang melayani pengguna  yang berada dalam sebuah  jangkauan area  geografis yang terbatas.LAN  dibentuk dari beberapa buah server , workstations  sistem operasi jaringan serta sebuah sambungan  komunikasi


Server adalah  mesin berkecepatan tinggi  yang mampu menangani  penggunaan atas  file data dan program yang diakses oleh  banyak pengunaan  melalui jaringan .
Client adalah dimana usr  bekerja melalui  pc-nya , yang selain bisa dimanfaatkan  untuk bekerja  secara mandiri juga mampu melakukan  akses terhadap sumber  daya jaringan  sesuai dengan hak yang dimilikinya .
  Sebuah LAN yang  kecil memungkinkan  sebuah workstation untuk difungsikan sebagai server , yang memungkinkan  dirinya untuk bisa melakukan  akses untuk komputer  rekannya. sistem jaringan ini dibuat peer-to-peer  adalah salah satu bentuk  jaringan yang pada umumnya  mudah untuk diinstalasi maupun dikelolah ,namun bagai manapun ,adanya sebuah server  yang berfungsikan secara  khusus akan memberikan  kinerja yang lebih baik , agar mampu menangani  volume transaksi yang tinggi .  disebuah jaringan yang  besar banyak menggunakan lebih dari satu server .software pengendalian pada sebuah  LAN adalah melalui  apa yang disebut bsistem  operasi jaringan [ NetWareUNIX  windowsNT ]  yang akan ditempatkan  pada server.
b.Metropolitan  Area Network
    merupakan hubungan antarkomputer yang membentuk sebuah jaringan yang melayani organisasi suatu lingkup kerja yang menjangkau gedung yang berlainan .
c.Wide Area Network [WAN]
     yaitu jaringan komputer yang menjangkau area yang secara geografis sangat luas .jaringan WAN menjangkau komputer antar negara,benua bahkan seluruh dunia.untuk menghubungkan komputer yang letaknya sangat jauh tersebut komputer dihubungkan dengan bantuan jaringan lain diantaranya jaringan telepon ataupun sinyal satelit.

2.Internet Dan Perkembangannya
perusahaan-perusahaan jasa ISP [internet service provider] bersepakat untuk menghubungkan jaringannyamenjadi jaringan yang sangat luas.setiap komputer yang terhubung internet dapat saling berkomunikasi  .meskipun tidak ada yang memiliki,perkembangan internet dapat dipantau oleh internet society[ISOC] ,sebuah lembaga nirlaba internasional .
   pada tahun 1973 para ilmuan memikirkan cara untuk dapat terhubung dengan jaringan ARPANET.pada1967 jaringan yang menggunakan sinyal radio atau packet radio network .

3.Notasi Kecepatan Transfer Data
  kecepatan transfer data  diukur menggunakan satuan umum bit per seconde [bit per detik] atau disingkat bps. selain notasi bit , kecepatan transfer data  juga dinyatakan dalam satuan byteper second ,satu bit setara  dengan 8 bit.

4.Pengalamatan diInternet
   alamat situs internet misalnya www.google.com. penulisan www,tanda titik [dxibaca dot] com adalah satu aturan penulisan alamat situs diinternet.Alamat internet disebut sebagai unifrom resources locator[URL] . url ada 3 jenis yaitu  internet protocol address[ alamat internet protokol /alamat ip],domain name saystem address[dns address], dab E-mail address[alamat e-mail].


B.Perangkat Keras  Akses Internet
  1.Perangkat Utama
  a. komputer
     komputer adalah alat serba guna yang banyak membantu kehidupan manusia. selain untuk mengajarkan tugas sekolah ,juga dapat mengakses internet.

b.Kartu jaringan
  kartu jaringan digunakan sebagai jembatan penghubung  komputer kejaringan .NIC yang bersifat fisik misalnya NIC ethernet dan token ring.

c.Modem
modem merupakan singkatan dari modulator demodulator. modulator merupaka bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa[carrier]dan siap untuk dikirimkan .demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.modem merupakan  penggabungan keduanya , artinya modem adalah alat komunikasi kedua arah . mosem berdasarkan bentuk fisik,dibedakan menjadi;
1.modem external
   adalah modem yang ditempatkan diluar perangkat utama komputer.modem ini terpisah daru PC dan dihubungkan melalui kabel LAN dan USB , tergantung tipe modemnya



Hasil gambar untuk gambar modem eksternal



2.modem internal
  dipasangkan pada bagian  dalam komputer misalnya pada slot PCI .

Hasil gambar untuk gambar modem internal








d.saluran telepon
  saluran telepon juga diperlukan  untik  menghubungkan komputer dengan internet.penggunaan saluran telepon diikuti dengan modem dial up .

2.peralatan pendukung
a. Hub/switch
hub digunakan sebagai alat penghubung antar komputer . selain ini , hub juga digunakan untuk membangun sebuah jaringan sederhana. jaringan ini misalnya berupa sambungan beberapa komputer dalam satu grup ip lokal .
b.Repeater
repeater digunakan sebagai penerima sinyal dan kemudian memancarkannya kembali . repoter dianggap memiliki nilai lebih karena benda ini mampu memperkuat sinyal .
c. router
router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. proses routing terjadi pada lapisan tiga(lapisan jaringan seperti internet protokol). dari stack protokol tujuhlapis osi .


Hasil gambar untuk gambar router
router berfungsi sebagai penghubung anatr dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. secara umum router dibagi menjadi dua buah jenis yaitu:
1.static router(router static)
2.dynamic router(router dinamis)



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

kerajaan bercorak hindu budha

cara membuat donat

motivasi yang bermanfaat